Featured Posts

Successful EntrepreneursSuccessful Entrepreneurs Regardless of your definition of success, there are, oddly enough, a great number of common characteristics that are shared by successful...

Readmore

Young EntrepreneurYoung Entrepreneur I write Entrepreneur.com ‘s Young Entrepreneur column because I believe there are far too few resources directly addressing the ...

Readmore

Keys To SuccessKeys To Success Success is everybody’s dream. But what is the key to success? How can you be successful? In my post about defining successful people, I wrote that ...

Readmore

10 Point Ethics Checklist10 Point Ethics Checklist I personally believe that it firmly supports the role of Ethics in a person's long term business success. Read my post on The Speed of Trust - Personal Ethics for a ...

Readmore

Defining EntrepreneurshipDefining Entrepreneurship There has been a great deal of attention paid to the subject of entrepreneurship over the past few years, stemming primarily from the discovery by ...

Readmore

Indonesia Tuan Rumah Pertemuan ASEAN 2011

Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi setidaknya 460 pertemuan tingkat ASEAN karena Indonesia menjadi ketua ASEAN pada tahun 2011. Jero Wacik Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) pada Antara di Jakarta, Kamis (18/11), dengan menjadi ketua ASEAN maka potensi ekonomi yang mungkin didapatkan Indonesia sangat besar karena akan ada banyak acara atau kegiatan ASEAN digelar di tanah air.

Wacik mencontohkan pada April 2011 akan ada konferensi tingkat tinggi ASEAN di Jakarta dan pertemuan East Asia atau ASEAN plus pada Oktober 2011.

Selain itu, akan ada 23 pertemuan tingkat menteri dan 97 tingkat SOM (Senior Official Meeting/setingkat direktur jenderal) selama 2011. “Sebelum itu digelar akan ada pertemuan pendahuluan yang melengkapi yakni pertemuan tingkat menteri dan SOM yang juga akan digelar di kota-kota di Indonesia," kata Menteri.

Menurut Wacik, Indonesia berpeluang mengembangkan pariwisata MICE (Meeting INcentive Convention and Exhibition) dengan terpilih menjadi ketua ASEAN. Oleh karena itu, ia secara khusus meminta kepada pemerintah daerah di beberapa kota yang telah siap dengan industri MICE untuk bersiap-siap menyambut kegiatan-kegiatan tersebut.

"Kami sudah sepakat untuk menyebar pelaksanaan event-event tersebut ke seluruh kota-kota yang telah siap dengan MICE," katanya.

Pihaknya telah membidik Jakarta, Bali, Palembang, Yogyakarta, Medan, Bandung, Makasar, Manado, dan Lombok. Dalam pertemuan dengan anggota Komite Tetap ASEAN, pihaknya telah menyepakati beberapa hal di antaranya program pariwisata ASEAN yakni ASEAN for ASEAN atau tukar-menukar turis antar-negara ASEAN.

"Dengan begitu turis-turis dari masing-masing negara ASEAN hanya sedikit yang akan melancong ke luar ASEAN sehingga sektor pariwisata di ASEAN lebih maju," katanya.

Sementara itu, Ngurah SwajyaWakil Tetap RI yang akan menjadi Chairman ASEAN 2011, mengatakan, jumlah meeting ASEAN terus meningkat setiap tahun. "Sebelum ada piagam ASEAN sekitar 2008, meeting ASEAN hanya sekitar 40 kali setelah piagam ASEAN jumlahnya meningkat menjadi 450 dan sampai akhir 2010 sudah ada 460 meeting," katanya.

Selain meeting, Ngurah mengatakan, Indonesia akan menjadi basis bagi Komite Tetap ASEAN dan kantornya berkedudukan di Indonesia. "Dalam waktu dekat juga akan segera dibentuk perwakilan diplomatik untuk China, Jepang, dan Amerika Serikat untuk ASEAN yang berkedudukan di Indonesia. Ke depan negara-negara mitra ASEAN yang lain juga akan mengikuti langkah serupa," kata Ngurah. Saat ini telah ada 44 negara sahabat yang telah membuka perwakilannya di Indonesia dan telah terakreditasi. (ant/tin)

[Sumber: suarasurabaya.net]

0 comments:

Posting Komentar