Featured Posts

Successful EntrepreneursSuccessful Entrepreneurs Regardless of your definition of success, there are, oddly enough, a great number of common characteristics that are shared by successful...

Readmore

Young EntrepreneurYoung Entrepreneur I write Entrepreneur.com ‘s Young Entrepreneur column because I believe there are far too few resources directly addressing the ...

Readmore

Keys To SuccessKeys To Success Success is everybody’s dream. But what is the key to success? How can you be successful? In my post about defining successful people, I wrote that ...

Readmore

10 Point Ethics Checklist10 Point Ethics Checklist I personally believe that it firmly supports the role of Ethics in a person's long term business success. Read my post on The Speed of Trust - Personal Ethics for a ...

Readmore

Defining EntrepreneurshipDefining Entrepreneurship There has been a great deal of attention paid to the subject of entrepreneurship over the past few years, stemming primarily from the discovery by ...

Readmore

Melihat Peluang Wisata MICE 2010

Industri MICE yang di dalamnya terdapat bidang meeting, incentive, conference, and exhibition, menunjukkan tren yang menggembirakan. Pada 2008 kunjungan wisatawan mancanegara mencapai 6,3 juta orang, lebih rendah dari target Visit Indonesia Year.

Namun dari sisi pemasukan, negara memperoleh devisa sekitar US$ 7,4 miliar (Rp 91 triliun lebih) tahun ini. Dari jumlah ini sebagaian besar langsung terserap langsung oleh masyarakat yang berkecimpung dalam industri wisata, perhotelan, restoran, transportasi, sampai kerajinan tangan. Yang menggembirakan, menurut Asosiasi Kongres dan Konvesi Indonesia (INCCA), MICE menyumbang 40% dari devisa yang dihasilkan pariwisata.

Pariwisata dan MICE memiliki keterkaitan yang sangat erat, dengan demikian MICE juga sangat dipengaruhi oleh keadaan ekonomi dan politik, baik nasional dan global. Untuk itulah, mengingat multiplayer effect MICE, yang berpengaruh langsung terhadap kesejahteraan masyarakat di 14 kota utama destinasi MICE maupun kota-kota lain di Indonesia, Majalah Venue menggelar talkshow bertajuk MICE Outlook 2009 dan “Indonesia MICE Award 2010” yang diselenggarakan pada 19 November 2009 lalu di Hotel Borobudur, Jakarta.
MICE Outlook bertujuan memberi masukan kepada pelaku industri MICE sebagai bekal dalam merencanakan bisnis di 2010. Paparan para pakar politik dan ekonomi memberi gambaran kondisi politik dan ekonomi yang mempengaruhi bisnis MICE. Diharapkan, dengan mengikuti MICE Outlook, pelaku industri dapat lebih tajam lagi dalam merancang strategi bisnisnya. Bagi para pengambil keputusan di daerah, dapat menangkap tren yang terjadi untuk dilaksanakan di tingkat daerah
Bersamaan dengan kegiatan MICE Outlook, diselenggarakan pula pemberian penghargaan: Indonesia MICE Award. Pemberian penghargaan ini bertujuan menjadi benchmark bagi pelaku industri. Kini mereka memiliki sasaran atau ukuran yang mesti dicapai dalam upaya terus memperbaiki diri dan meningkatkan produk serta layanan.
Beberapa pelaku industry MICE yang memperoleh penghargaan di antaranya adalah : Sinyo Herry Sarundajang Gubernur Sulawesi Utara, sebagai gubernur terbaik dalam pengembangan MICE di wilayahnya, kemudian Joko Widodo, Walikota Solo sebagai walikota terbaik dalam pengembangan MICE di wilayahnya, lalu Bali masih menjadi pilihan sebagai Destinasi MICE terbaik, Pacto Convex sebagai Profesional Convention Organizer terbaik, Napindo Media Ashatama sebagai Profesional Exhibition Organizer terbaik, Bali International Convention Centre sebagai Convention Hall Terbaik, serta Jakarta International Expo sebagai Exhibition Hall Terbaik.
Selain itu, dalam penghargaan Indonesia MICE Award kali ini, Dewan Juri yang mewakili beberapa praktisi MICE dan akademisi MICE di Indonesia, seperti Christina L Rudatin Selaku Ketua LSP MICE Politeknik Negeri Jakarta, Ida Bagus Lolec (Pacific World Nusantara), dan Nia Niscaya (Direktur MICE Depbudpar RI), serta tim manajemen Majalah VENUE yang diwakili oleh Bambang Budjono (Wakil Pemimpin Umum), Andrianto Soekarnen (Pemimpin redaksi), serta Nurdin Al Fahmi (Project Director MICE Award 2009) juga memberikan penghargaan khusus kepada Tokoh MICE 2009 yang diberikan secara langsung kepada Bapak Menteri Kebudayaan Dan Pariwisata RI, Ir. Jero Wacik, SE.
Penghargaan atas Menbudpar RI kabinet Indonesia Bersatu II tersebut didasarkan berkat kebijakan-kebijakan yang beliau ambil demi memajukan industri MICE di tanah air, salah satunya dengan didirikannya direktorat MICE Depbudpar melalui program Visit Indonesia Year.
Disamping itu ada acara ini juga menganugerahkan Komisi Nasional Penanggulangan Aids sebagai penerima penghargaan khusus organisasi non pemerintah yang concern dalam pengembangan MICE di tanah air. “Berkat Kongres internasional ke-9 tentang AIDS se-Asia Pasifik, di Nusa Dua, Bali, Agustus lalu, nama Indonesia menjadi harum di mata dunia” ungkap Bambang Bujono, Ketua Dewan Juri yang mengumumkan penerima penghargaan Indonesia MICE Award pekan lalu di Hotel Borobodur Jakarta.
Proses penilaian Indonesia MICE Award 2009 ini sendiri diperoleh dari hasil reportase dan pengamatan majalah VENUE selama setahun terakhir, setidaknya 10 nominasi dari masing-masing kategori berhasil di kelompokkan. Hasilnya 3 pemenang masing-masing kategori diperoleh dari meeting Dewan Juri yang berlangsung awal pekan November di Depbudpar RI.



3 comments:

winni kartika andari mengatakan...

hallo pak...
Saya winni Kartika A. (MBK IV/6) saya tertarik dengan wacana yang bapak buat mengenai "melihat Peluang wisata MICE 2010" dari wacana di atas saya sangat terkesan bahwa MICE bisa memberikan masukan sebesar 40% dari masukan devisa negara kita dan ini merupakan sesuatu yang sangat membanggakan.

Karena menurut saya MICE masih bisa di katakan "Awam" dan hanya segelintir orang saja yang mengetahui apa itu "MICE". akan tetapi dalam kurun waktu 2 tahun terakhir ini dilihat dari fakta dan informasinya "MICE" berkembang dengan sangat pesatnya. ini dapat kita lihat dengan semakin banyak perusahaan-perusahaan PCO/PEO yang melakukan bisnis "MICE"

dan menurut saran saya kepada pemerintah agar pariwisata MICE bisa dikembangkan lebih baik lagi, sehingga Pariwisata MICE kita tidak kalah bersaing dengan negara lainnya.

Drimawan mengatakan...

Terima kasih Winni Kartika Andari,
Saya sepenuhnya sependapat dengan Winni.
Lalu, jika diminta untuk lebih spesifik lagi; kira-kira menurut Winni apa saja yang harus kita lakukan agar Pemerintah Daerah Jawa Barat, atau setidaknya Pemerintah Kotamadya Bandung, bersedia untuk mulai mewujudkan harapan kita tentang MICE ini? Ada saran?

Salam.
DD

Unknown mengatakan...

asskum.
selamat malam pak denny, hapunten saya mohon maaf andai sampai email ini diterima UNDANGAN PERESMIAN KANTOR KAMI , PT TrendMICE ,Jl,.Veteran no 40 Bandung, phone 022-4215427/28, fax 022-4215422, email :trendmice@cbn.net.id, belum diterima oleh Bapak.

Ijinkan kami melalui komentar ini mengundang kehadiran Bapak dalam acara peresmian ini yang ,insyaallah akan kami laksanakan pada tanggal :
15 OCT 2010/JUMAT/14.00, bertempat di kantor kami PT TrendMICe, jl,Veteran no 40,Bandung.
Kami segera akan mendaftarkan diri menjadi anggota INCCA, jika diperkenankan.
Sangat kami tunggu kehadirannya.

wass
monica herlina BA-Direktur Utama
PT TrendMICE/Hp. 0812.201.3764

Posting Komentar