Featured Posts

Successful EntrepreneursSuccessful Entrepreneurs Regardless of your definition of success, there are, oddly enough, a great number of common characteristics that are shared by successful...

Readmore

Young EntrepreneurYoung Entrepreneur I write Entrepreneur.com ‘s Young Entrepreneur column because I believe there are far too few resources directly addressing the ...

Readmore

Keys To SuccessKeys To Success Success is everybody’s dream. But what is the key to success? How can you be successful? In my post about defining successful people, I wrote that ...

Readmore

10 Point Ethics Checklist10 Point Ethics Checklist I personally believe that it firmly supports the role of Ethics in a person's long term business success. Read my post on The Speed of Trust - Personal Ethics for a ...

Readmore

Defining EntrepreneurshipDefining Entrepreneurship There has been a great deal of attention paid to the subject of entrepreneurship over the past few years, stemming primarily from the discovery by ...

Readmore

Tahun Ini, 73 Event Wisata MICE Digelar Di Indonesia

Industri MICE (Meetings, Incentives, Conventions, Exhibitions) di tanah air kian prospektif. Direktur MICE Ditjen Pemasaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) Nia Niscaya mengatakan, salah satu indikasinya adalah terus bertambahnya even yang digelar, baik secara lokal, regional, maupun internasional di tanah air.

"Sepanjang tahun 2010, tercatat ada 73 event internasional yang bakal diselenggarakan di Indonesia. Jumlah ini mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2009 hanya 65 event. Beberapa agenda utama MICE 2010, antara lain Palm Oil Asia (Palmex Indonesia) 2010 dan Java Jazz 2010 di Jakarta, Art of Living Internationall Women Conference di Bali pada 28 Maret 2010,” ungkap Nia Niscaya kepada kabarbisnis.com di Jakarta, Senin (8/3/10)


Women Conference ini, sambung Nia, sangat menarik karena dihadiri tokoh spirutual Guruji dari Banglore India. Kegiatan di Bali ini, pertama kali digelar diluar India. Guruji sangat tertarik dan ingin melihat Bali karena namanya sudah mendunia.

Keberhasilan menggaet Art of Living yang akan dihadiri 500 orang pengikut Guruji dari 167 negara ini, setelah Kemenbudpar menerapkan strategi promosi horizontal dengan pendekatan masyarakat komunitas, yang ternyata lebih efektif. Bahkan dengan low budget high impact sangat besar.

"Dalam promosi horisontal, kami juga dibantu Perhimpunan Indonesia-Tionghoa (INTI) untuk menggelar pertemuan Marga seperti belum lama ini pertemuan marga Lee, komunitas Guang Dong yang dihadiri seribu lebih anggota dari berbagai mancanegara," ungkapnya.

Sekitar Juni 2010, pertemuan skala internasional ini akan diadakan di kota Singkawang, Kalimantan Barat dalam rangka memperingati 100 tahun Marga Huang di Indonesia. Karena dana promosi kita sangat terbatas, dengan cara ini kita harapkan hasilnya akan maksimal, jelasnya.

Selain itu, sambung Nia, merangkul dunia medis, pelaku bisnis, dunia olahraga, asosisasi hingga dunia pendidikan untuk diajak menggelar event skala dunia di Indonesia. Sambutannya juga luar biasa.

"Jadi kami rombak strategi promosi pariwisata secara total. Salah satu strateginya adalah membidik wisman secara langsung dengan mendekati komunitas yang beranggotakan orang-orang di seluruh dunia atau membidik berbagai konferensi. Kami menempel pada acara yang dibuat orang lain, kami mendukung penuh. Ini yang kami sebut konsep co-marketing," ungkapnya.

Dikatakan, event lain yang tak kalah menariknya adalah Deep Indonesia pada Maret 2010 di Jakarta, Sumatera Internasional Travel Fair pada Juni 2010, juga Internasional MICE and Corporate Travel Mart (IMCTM) di Daerah wisata Senggigi Lombok, Nusa Tenggara Barat, pada 6-9 Mei 2010.

"Kegiatan tahunan ketiga dari pelaku usaha MICE, diperkirakan diikuti 200 pembeli dari Australia, Cina, Malaysia, Singapura, dan Korea Selatan. Estimasinya terjadi 15 ribu sesi bisnis.Kami bekerja sama dengan Amex diharapkan mampu meningkatkan 30 persen kegiatan MICE," ujarnya.

Selain mengelar di dalam negeri, Indonesia juga mengikuti berbagai event MICE di dunia. Tahun 2010, tercatat 7 event dunia yang diikuti Indonesia, yakni AIME (Australia Insentif Meeting and Expo) di Melbourne, Golf Insentive Meeting Expo di Abu Dhabi, AIMEX di Frankfurt Jerman, ITCMA di Bangkok, China Insentive & Meeting Expo 2010 dan Shanghai World Expo 2010 di China. Kbc10


Sumber: Kabar Bisnis

0 comments:

Posting Komentar